Jelajah
Selamat Datang Di Web Desa Salaman Sugeng Rawuh wonten WebDesa Salaman Wellcome to WebDesa Salaman
IMG-LOGO
Berita Lokal

KELOMPOK TERNAK DOMBA MORINO DUSUN NUSUPAN DESA SALAMAN

Create By 26 February 2021 29 Views
IMG

KELOMPOK TERNAK DOMBA MORINO

MUBAROK (MUGI BAROKAH )

DUSUN NUSUPAN DESA SALAMA KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

 

LATAR BELAKANG

 

Dusun Nusupan secara administratif terletak di Desa Salaman Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang,bentuk topografi Dusun Nusupan merupakan daerah datar ,sebagian wilayahnya merupakan Area persawahan dan pekarangan 

Di Dusun Nusupan terdapat kelompok Tani  yang selama ini mengandal kan pupuk kimia sehingga tanpa disadari semakin lama kebutuhan pupuk terus membengkak dan harga pupuk terus beranjak naik walaupun ada pupuk bersubsidi  akan tetapi penggunaan pupuk kimia mengakibatkan  struktur  tanah menjadi tidak baik.sehingga sebagian pengurus kelompok tani mengusulkan untuk merubah tat cata bertani yang semula memakai pupuk kimia beralih ke pupuk organik.

Dalam upaya untuk mengatasi hal tersebut kelompok tani utama merintis  membentuk kelompok ternak domba yang  anggotanya adalah para petani dan masyarakat setempat yang peduli terhadap lingkungan serta berminat untuk beternak domba  . Kelompok ini mempunyai maksud dan tujuan  adalah :

 

1.       Memperbaiki kondisi tanah pertanian dengan penggunaan pupuk organik

2.       Merintis  sektor peternakan  yang modern

3.       Merintis  penciptaan lapangan pekerjaan bagi pemuda

4.       Meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat petani

5.       Meningkatkan produsifitas hasil pertanian

6.       Memprkuat eksistensi kelompok tani

 

Petrnakan domba morino di Dusun Nusupan  menggunakan sistem briding dan pembesaran,

1.       sitem briding atau indukan dengan pakan rumput rumputan  hijau yang dikolaborasi dengan pakan yang diawetkan dengan sistem silase.

2.       sedangkan sistem pembesaran hanya menggunakan pakan kering yaitu pakan dari rumput- rumputan atau tanaman yang diawetkan dengan siste silase.

Bahan pakan kering yang di silase  misal nya dari batang  tanaman kedelai,kacang,tanah ,tanaman jagung  tanaman kangkung dan lain lain.

 Dengan harapan para petani dalam mengolah lahan pertanian tidak ada hasil yang terbuang misalkan saja tanaman jagung maupun kedelai semua akan dapat dimanfaatkan tanaman jagung buahnya bisa di perdagangkan sedangkan batang pohon maupun daunnya untuk pakan ternak sedangkan kotoran ternak dapat untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani.

Untuk sistem pembesaran dengan pakan silase dalam pengadaan pakan peternak tidak harus setiap hari mencari pakan atau ngarit karena sudah memilik pakan yang di awetkan dengan sistem silase ,cara ini adalah cara yang harapan para pemuda atau masyarakat akan termotifasi untuk  menjadi peternak domba karena cara perawatan dan pengadaan pakan tidak harus meninggalkan pekerjaan yang sudah di geluti atau dapat disambi.

 

                Cara Pembuatan pakan kering  dengan sistem silase

1.       sediakan rumput atau tanaman yang akan diawetkan kemudian di potong kecil kecil atau di rajang pakai mesin potong rumput

2.       sediakan drum tempat menyimpan rumput atau tanaman yang telah di potng potong

3.       sediakan bekatul

4.       masukan tanaman atau rumput yang telah di potong kedalam drum sambil di padatkan dengan cara di injak atau pakai tongkat

5.       setelah drum hampir penuh atau 10 cm dari bibir atas drum masukan bekatul kedalam drum yang berfungsi untuk menahan udara tidak masuk dalam drum setelah itu tutup drum dengan rapat  dan disimpan setelah 7 hari  tanaman yang diawetkan bisa diberikan ke ternak.tanaman yang diawetkan bisa bertrahan sampai 6 bulan kedepan jadi kalau peternak sedag melimpah hasil pertanian dapat disimpan dan berikan ke ternak untuk 6 bulan kedepan .

6.       penyimpanan rumput bisa dikatakan berhasi apabila dibuka baunya akan harum atau berbau seperti ragi tape  tetapi bila dibuka baunya busuk berarti ada kesaalahan dalam pembuatan silase  dan tanaman yang diawetkan tidak bisa diguakan.

7.       Demikian cara mudah untuk membuat silase atau pengawetan rumput untuk ternak semoga bermanfaat

 

 

 

96,8 FM Radio Gemilang